Selasa, 02 November 2010

tik lagi...

 Peralatan Input
Peralatan Input atauperalatanmasukanyaitupealatan yang berfungsiuntukmemasukan data atau program danmengirimkan data atau program tersebutdalambentuk data digital yang akandiprosesolehpusatpengolahanpadakomputer. Beberapaperalatan input yang umumdigunakanantara lain:
• Keyboardmerupakanperangkat yang memilikitombolmiripdenganmesintikdanbeberapatomboltambahandenganberbagaifungsi.Keyboarddigunakanuntukmemasukan data atauuntukmemberikanperintahpadakomputer.Jenis-jenis keyboard yaitu: Serial, PS/2 danUSB.Beberapamerek keyboard yang adadipasaranantaralainyaitu: Logitech, Accer, dll.
• Mousemerupakanperalatanmasukan yang berfungsiuntukmenggerakan pointer di layaruntukmenjalankan icon perintahatau program yang tampilpadalayarmonitor.Jenis Mouse antaralainyaitu: Serial, PS/2 dan USB. Beberapamerek mouse yang adadipasaranantaralainyaitu: Logitech, Genius, dll.
• Flopydisk DriveMerupakanperalatanmasukan yang berfungsiuntukmembaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk (Disket). Alatinijugadapatberfungsiuntukmenulisataumerekam data kedalamdisket.BeberapamerekFlopy Disk Drive yang adadipasaranantaralainyaitu: Panasonic, Sony, Samsung dll.
• ScannerPeralatanmasukaniniberfungsiuntukmentransferataumengkonversigambar, foto, text manual menjadi data digital sehinggadapatdimengertiolehkomputer.
Beberapamerek scanner dipasaranantara lain adalah: Canon, HP, Accerdll
• CD ROM/CDRWPeralatanmasukaniniberfungsiuntukmembaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)danjugadapatmenulisdanmerekam data pada CD ROM / CD RW. BeberapaMerekantara lain: Samsung, LG dll

• DVD ROM /DVD RWmembaca data atau program dari media penyimpan data CD/DVDdanjugadapatmenulisdanmerekam data pada CD / DVD DVD ROM / DVD RW. BeberapaMerek: Samsung, LG, Philip dll
 Peralatan Proses
Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utamadanterpentingdalamkomputer yang mengendalikanseluruh proses pengolahan data mulaidarimembaca data dariperalatan input, mengolahataumemprosessampaipadamengeluarkaninformasi (Output) keperalatan Output. CPU terdiridaritigabagianfungsional:
1. ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsimelakukansemua proses yang membutuhkanperhitunganmatematikadanperbandingansecaralogika
2. CU (Control Unit) berfungsiuntukmelakukanpengendaliansemuaperalatanlainya.
3. Register berfungsimenyimpan data sementara yang akandiproses di ALU.
Beberapaperalatan yang adadalam CPU antaralainadalah:
a. Mainboard
Mainboard merupakansalahsatuperangkatdalamkomputer yang digunakansebagaitempatuntukmemasangataumeletakanbeberapaperalatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartujaringan) dan lain sebagainya.
Jenis-jenis Mainboard antara lain: Mulaidarikelas AT 486 , Pentium I, Pentium II, Pentium III hinggakelas Pentium 4.
b. Prosesor
Processor yaitusebuah Chip yang merupakanotakpemrosesdanpusatpengendaliberbagaiperangkatlainsehinggakomputerdapatbekerjasatudenganlainya. Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaituhitungankecepatandalammengolah data/informasi
Beberapajenis processor:

* ProsesorPentum I 75 MHz – 200 MHz dst…
* Prosesor Pentium II 300 MHz – 450 MHz dst..
* Prosesor Pentium III 650 MHz – 950 MHz dst.
* Prosesor Pentium 4 1,3GMHz – 3.0 GHz dst.

Merekprosesorantara lain: INTEL, AMD. IBM dll.
c. Memory
Memory merupakantempatmeyimpan data atauinstruksi.Semakinbesarkapasitas memory yang di sediakanakansemakinbesar data atauinstruksi yang dapatditampunguntukdiolah.
BeberapaJenis Memory antara lain adalah: ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll
Memory yang umumdipakaiberkapasitasmulaidari : 16 MB 32 MB, 54 MB, 256 MB 512 MB, 1 GB, dst
Merek-merk memory yang ada di pasaran: V Gen, Visipro, Kingston dll.
 Peralatan Output
Peralatan Output atauperalatankeluaranyaituperalatan yang berfungsiuntukmenampilkan data, instruksidaninformasidalambentukteksdangrafikataugambar.Beberapaperalatanoutput.yangumumdigunakanantara lain:
Monitor
Monitor merupakanperalatankeluaran yang berfungsiuntukmenampilkan data, instruksidaninformasidalambentukteksdangrafikataugambar di layar monitor.
Monitor dikelompokanberdasarkanteknologinyayaitu:
1. Monitor CRT (Cathode Ray Tuble)
2. Monitor Flat Panel Display monitor inimenggunakanteknologi LCD
3. Monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Speaker
Yaituperalatan output untukmenghasilkanataumengeluarkanefeksuaradarikomputer.
Beberapamerek speaker antara lain: Simbada, Altec, dll.
Printer
Printeryaituperalatankeluaran yang digunakanuntukmencetak data/informasidarikomputerdengankertas.BeberapaJenis Printer antaralainadalah:
1. Printer Dot Matrikyaitu: Terbuatdaripotonganbaja yang akanmengenaikertaslewat pita bertintauntukmembentukpolatitik-titikkecil yang bergabunguntukmencetakgrafisatauteks.
2. Printer Ink jet yaitu :Mencetakgambarataukarakterdenganmoncongkecil yang dapatmemancarkantintapadakertas.
3. Printer Laser yaitu: Menggunkansinar laser untukmengubah data binermenjadicetakan.
Ploter
Ploteradalahperalatankeluaran yang digunakanuntukmencetakataumengambar, membuatgrafikdanskematikdandapatmembuat diagram lainya. Ada duajenisplotter DrumdanTable

FUNGSI DAN PERSAMAAN DARI RAM DAN ROM
 FUNGSI RAM
 RAM dipakaiuntukmenyimpankonfigurasi router saatini, danjugauntukkeperluan caching, buffering, danmenyimpan routing table.
 FUNGSI ROM
ROM berfungsiutukmenyimpan software IOS operating system dari router danjuga program POST (Power-on Self-Test)
 Persamaanya
keduanyamemilikikesamaanyaitudapatdiaksessecaraacak (random)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar